Tata Kelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Zahira Catering Lamongan
Keywords:
Tata Kelola, UMKM, CateringAbstract
Zahira Catering, sebagai salah satu contoh usaha kuliner mikro, perlu memaksimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan usaha. Tata kelola yang baik diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, pengelolaan keuangan yang lebih transparan, serta meningkatkan daya saing usaha tersebut di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan beberapa karyawan Zahira Catering, serta pengamatan langsung terhadap kegiatan operasional usaha. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan di Zahira Catering Lamongan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang tata kelola yang diterapkan dan tantangan yang dihadapi oleh usaha tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa rekomendasi yang dapat diajukan untuk meningkatkan tata kelola usaha di Zahira Catering Lamongan. Pertama, Zahira Catering perlu mengadopsi sistem manajemen operasional yang lebih efisien Kedua, untuk meningkatkan kualitas layanan. Ketiga, perlu adanya prosedur yang lebih ketat dalam proses produksi. Keempat, mengembangkan strategi pemasaran.
References
Aini, N., & Alimuddin, F. (2023). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Pada Bisnis Catering Pedesaan di Leworeng Kab. Soppeng. Economics and Digital Business Review, 4(2), 132-143.
Eliya, S., & Suprapto, Y. (2022). Perancangan Pemasaran Digital Pada Usaha Royal Catering. Jurnal Mirai Management, 7(3), 424-432.
Indie, J. J., & Graciafernandy, M. A. (2023, August). EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU KINERJA PEMASARAN: STUDI EMPIRIS PADA UMKM CATERING DI KOTA SEMARANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS (Vol. 2, No. 1, pp. 324-332).
Kusnandi, W., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 1-13.
Lubis, L. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Bisnis pada Umkm Falisha Catering Medan. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(3).
Rawis, J. E., & Pangemanan, S. P. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Catering Miracle di Kecamatan Ranotana Weru Kota Manado. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3672-3679.
Purwatiningsih, A. P., & Pamungkas, I. D. (2022, July). Pemanfaatan Pemasaran Digital Melalui Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Catering Pedesaan. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Sihotang, E. T., Nita, R. A., Budiana, K. M., Yutanto, H., & Ekaningtyas, D. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Melalui Pemanfaatan Landing Page sebagai Media Promosi Usaha Katering. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15(2), 238-245.
Setiyariski, R., Kristiutami, Y. P., Dewi, K., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Digital bagi Usaha Kuswini Catering di Masa Pandemi Covid-19.
Sofiana, S. (2021). Strategi Pemasaran Catering Dapur Titto Melaluli Facebook Dan Instagram (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).
Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31-42.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.
Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Pengaruh Financing to Debt Ratio dan Net Profit Margin terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia Periode 2013-2022. Jurnal Ilmiah Akuntansi Publik, Manajemen dan Perbankan, 1(1), 10-21.
Tisya, V. A., & Prakosa, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Manajemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Usaha Catering Bu Parini di Kecamatan Danurejan DIY. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 42-50.
Wahjono, W., & Ismanto, A. C. (2024). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Mengakses Media Sosial Sebagai Upaya Penguatan Pemasaran Usaha Kuliner. Jurnal Ilmiah Infokam, 19(2), 111-118.